Lewat Program CSR, PT DSSP Power Kendari Kembali Peringati Hari Lingkungan Hidup Se- Dunia dengan Bersih- Bersih Pantai dan Tanam 2500 Mangrove di Desa Wawatu

BritaTop.Com, MORAMO UTARA- PT DSSP Power Kendari kembali memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang peringatannya berlangsung, sejak 5 Juni- 5 Juli 2024, dengan melaksanakan program Coastal Clean Up atau bersih-bersih pantai hingga penanaman 2500 Pohon Mangrove di Desa Wawatu Pantai, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pada minggu 30 Juni 2024 kemarin.

CSR & External Relation PT DSSP Power Kendari, Risal Akbar menjelaskan kegiatan yang melibatkan hingga 98 orang dari sejumlah instansi seperti KODIM Kendari, LANAL Kendari, Polres Konsel, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kecamatan Moramo Utara, Pemerintah Desa Wawatu dan juga masyarakat tersebut adalah bentuk upaya penerapan prinsip bisnis yang bertanggung jawab dan beretika.

Sebutnya, PT DSSP Power Kendari yang telah dilaksanakan secara berkelanjutan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) kami di bidang lingkungan adalah dengan kembali melaksanakan program bersih-bersih pantai atau coastal clean up yang pada tahun ini kita beri nama program “sisir pesisir”,” Kata Risal

Tak hanya itu, agar program tersebut dapat terus terlaksana secara berkelanjutan, Risal menjelaskan perusahaan juga menginisiasi kelompok peduli lingkungan dengan memberikan dukungan kepada masyarkat agar memiliki lingkungan yang lebih bersih dan terawat. Bantuan tersebut adalah berupa pendampingan program bersih-bersih pantai di Desa Wawatu setiap bulannya selama satu tahun.

“Kami ingin kegiatan ini bisa terus berkelanjutan, maka dari itu kami juga menginisiasi kelompok sadar lingkungan yang nantinya secara rutin memberikan edukasi kepada masyarkat dan mengkomandoi perilaku hidup bersih di dusun 4 Wawatu Pantai” kata dia.

Ia berharap dengan inisiasi-inisiasi seperti ini, dusun 4 sebagai gerbang menuju pulau-pulau wisata bisa lebih baik sehingga bisa mengundang lebih banyak wisatawan untuk datang. Sebanyak 2500 bibit pohon Mangrove turut ditanam pada kegiatan tersebut sehingga menambah jumlah bibit yang telah ditanam oleh perusahaan di area operasionalnya.

“Hari ini kita juga menanam 2500 bibit mangrove yang kita harapkan bisa menegaskan posisi kami untuk mendukung pencegahan kerusakan lingkungan seperti abrasi. Mangrove ini nantinya diharapkan juga dapat menjadi tempat hidup biota laut sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Diketahui, PT DSSP Power Kendari adalah Pembangkit listrik tenaga uap berkapasitas 2 X 50 MW yang secara berkelanjutkan menjalankan sejumlah program-program Corporate Social Responsibility yang diharapkan dapat menyentuh langsung masyarkat dan menjawab tantangan-tantangan yang ada.

Aksi bersih pantai dan juga penanaman mangrove tersebut adalah bagian yang tak terlepas dari value perusahaan yang telah secara rutin menerapkan aksi jumat bersih sejak lama dan telah menanam kurang lebih 32.000 pohon mangrove di sekitar lokasi perusahaan berada. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *