Pemkot Kendari Arahkan Pedagang Eks MTQ Tempati Pasar Paddy’s Market

BritaTop.Com, KENDARI- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengarahkan para pedagang atau pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Pelataran Eks MTQ itu agar menempati pasar Paddy’s Market  (Kawasan Pedagang Kaki Lima) yang ada di Kendari.

Hal itu sebagai upaya penegakan aturan awal, dimana pelataran Eks MTQ itu sebagai ruang publik atau Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan, bahwa sejak awal memang para pelaku UMKM yang menjajakan jualannya di pelataran Eks MTQ sudah melanggar aturan. Mengingat, lokasi itu merupakan peruntukan sebagai ruang publik atau RTH.

Katanya, Pemkot sendiri memberikan lampu hijau agar para pedagang Eks MTQ itu menjajakan jualannya di Paddy’s Market  yang ada di Kendari.

“Kalau pemerintah kota masa bodoh. Tidak mungkin Pemkot Kendari menyiapkan Paddy’s Market (Kawasan Pedagang Kaki Lima),” ujarnya, Sabtu (27/4/2024).

Ia mengungkapkan, jangan beranggapan para pelaku UMKM di Eks MTQ, bahwa Pemkot tidak peduli dengan nasib masyarakatnya. Sebutnya, yang tidak diperbolehkan itu ketika para Pedagang Kaki Lima (PKL) menjual dipinggir jalan .

Sambungnya, dengan banyaknya para pelaku UMKM yang tidak menjajakan jualannya sesuai peruntukan. Mengakibatkan, pasar yang ada di Kendari menjadi sepi pengunjung, dirinya mencontohkan Pasar Baru, Mandonga, dan Pasar Baru dan lainnya yang sudah menjajakan jualannya dipinggir jalan akibat sepi pengunjung.

“Mereka berjualan di Pelataran Eks MTQ itu sudah tidak sewa dan tidak bayar sama Pemerintah Kota (Pemkot). Pemakaian listriknya ilegal, begitupun dengan airnya, dan itu ada yang kelola (ilegal). Bayangkan kalau pedagang sewa Rp300- Rp500 ribu perbulan dikali sekian tahun,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *