LPPMP Gelar Rapat Strategis Bahas Upaya Tingkatkan Popularitas dan Peringkat UHO

BritaTop.Com, KENDARI- Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar rapat strategis . Rapat ini diadakan untuk membahas upaya meningkatkan popularitas UHO, serta bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam meningkatkan peringkatnya di lembaga pemeringkatan internasional.

Rapat ini merupakan bagian dari upaya serius UHO untuk meningkatkan reputasinya di skala global. Sesuai dengan Undangan Rektor Nomor 65/UN29/PJ/2024, peserta yang turut hadir dalam rapat ini adalah para pemangku kepentingan utama, termasuk Ketua dan Sekretaris LPPMP, Ketua dan Sekretaris Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), para Kepala dan Sekretaris Pusat di lingkungan LPPMP, serta Tim Admin Website dan Media Sosial UHO.

Dalam sambutannya, Ketua LPPMP UHO, Dr. La Ode Santiaji Bande, S.P., M.P menyatakan, rapat strategis ini menandai komitmen LPPMP untuk terus memperbaiki dan meningkatkan reputasi serta posisi UHO dalam skala global. Ia percaya dengan kerja keras dan kolaborasi semua pihak, UHO akan semakin dikenal dan dihormati di dunia internasional.

“Rapat strategis ini menunjukkan tekad Universitas Halu Oleo untuk terus berkembang dan berkompetisi di tingkat global, serta menjadi pelopor dalam inovasi dan penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap hasil dari rapat ini dapat membawa perubahan yang signifikan dalam meningkatkan peringkat dan reputasi UHO di mata dunia internasional. Menurutnya, hal tersebut merupakan indikator penting dalam menilai kualitas dan reputasi universitas. Oleh karena itu, perbaikan dalam hal ini menjadi prioritas utama.

Hasil Identifikasi Peringkat UHO pada Lembaga Pemeringkatan Internasional menunjukkan posisi UHO dalam beberapa lembaga pemeringkatan internasional. Informasi tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Pusat Pemeringkatan Perguruan Tinggi dan Peningkatan Akreditasi, Dr. Weka Gusmiarti, yakni

  • UniRank: UHO berada di peringkat ke-97 di tingkat nasional dan ke-4872 di tingkat global.
  • Webometrics: Data terbaru menempatkan UHO pada peringkat 2916 secara global dengan penilaian berdasarkan beberapa kriteria seperti impact, openness, dan excellence.
  • EduRank: UHO menempati peringkat ke-3142 secara global, dengan peringkat yang cukup baik di tingkat regional maupun nasional.
  • SCIMAGO Institutional Ranking: UHO menduduki peringkat ke-47, menunjukkan keunggulan dalam inovasi dan penelitian.

Dalam rapat yang dipandu Sekretaris LPPMP, Dr. Muhaimin Hamzah, para peserta aktif memberikan masukan dan curahan pikiran mengenai upaya peningkatan peringkat UHO pada lembaga pemeringkatan internasional. Diskusi ini menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengidentifikasi langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Beberapa usulan yang muncul mencakup beragam aspek, mulai dari peningkatan kualitas penelitian hingga optimalisasi pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu usulan yang mendapat perhatian adalah perbaikan infrastruktur. Para peserta rapat menyadari bahwa infrastruktur yang baik merupakan fondasi penting bagi keberhasilan penelitian dan pengabdian masyarakat di UHO.

Oleh karena itu, mereka mengusulkan untuk meningkatkan investasi dalam infrastruktur penelitian, seperti laboratorium dan perpustakaan, agar dapat mendukung aktivitas akademik dengan lebih efektif.

Selain itu, pembahasan mengenai pengelolaan website UHO pada semua tingkatan juga menjadi perhatian. Para peserta menyoroti pentingnya memiliki situs web yang informatif, mudah diakses, dan terus diperbarui.

Mereka menekankan perlunya memastikan bahwa informasi mengenai program studi, kegiatan akademik, dan pencapaian universitas tersedia secara lengkap dan terkini. Usulan konkret termasuk pembaruan konten secara berkala, peningkatan navigasi situs, serta peningkatan interaksi dengan pengguna melalui fitur umpan balik. Pemanfaatan media sosial juga menjadi fokus dalam diskusi tersebut. Peserta rapat sepakat bahwa media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam membangun citra dan reputasi universitas di dunia maya.

Oleh karena itu, mereka menyarankan agar UHO aktif dalam memanfaatkan platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn untuk memperluas jangkauan dan interaksi dengan berbagai kalangan, baik secara lokal maupun internasional. Selain itu, mereka mengusulkan untuk mengembangkan strategi konten yang menarik dan relevan serta meningkatkan kolaborasi antarunit dalam mengelola akun media sosial UHO.

Dalam suasana kolaboratif, peserta rapat sepakat bahwa upaya peningkatan peringkat UHO memerlukan pendekatan yang terintegrasi dan berkelanjutan. Mereka bersedia untuk bekerja sama dalam menerapkan langkah-langkah strategis yang telah disepakati, termasuk dalam hal perbaikan infrastruktur, pengelolaan website, dan pemanfaatan media sosial. Dengan komitmen yang kuat dan kerja sama yang erat, diharapkan UHO dapat terus maju dan meningkatkan reputasinya di tingkat internasional. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *